Tuesday 29 January 2019

#30HBC1929 Windows Insider build 18317 and 18323 Recap

Introduction

It's me again, after those busy days preparing for my demonstration of work results. Hmm... build 18323 baru saja keluar beberapa hari yang lalu, dan aku, di waktu yang singkat ini melakukan recap dari build 18317 dan 18323, karena review build 18317 sempat terlewati.

Settings build 18317.

What's new?

Settings App! Pada build 18317, hal-hal yang baru kebanyakan terletak pada aplikasi ini. Tampak tampilan baru berupa banner di bagian atas halaman depan, yang menunjukkan nama, email, OneDrive, Phone link, dan Windows Update. Memang tidak terlalu berguna, tapi cukup mempercantik penampilan menurut saya.

Halaman depan Fonts
Preview suatu font
Kemudian, pengaturan pada Windows Insider juga lebih sederhana. Selain itu, kini menampilkan daftar font tidak harus melalui Control Panel > Fonts, namun dapat melalui Personalisation > Fonts di Settings app.

Terdapat satu fitur yang cukup menarik, "drag and drop to install". Salah satu alternatif yang menarik selain harus membuka Control Panel > Fonts > lalu install font dan pilih fontnya. Selain itu, ketika diklik suatu font, maka akan muncul preview yang berisi slider dan textbox yang dapat kita isi sendiri.

Selain perubahan utama pada Settings app, pada build 18323 tersedia suatu ekstensi baru untuk Photos app yang kita harus mengunduhnya sendiri di Microsoft Store, yaitu Raw Image Extension (BETA). Ya. Beberapa kamera ada yang menyimpan foto-fotonya dalam format RAW (sebuah format yang berisi binari orisinil dari suatu gambar tanpa ada kompresi apapun), dan terkadang cukup sulit mencari viewer yang bisa menampilkan file tersebut. Kini, dengan adanya ekstensi yang disediakan Microsoft, menunjukkan bahwa support terhadap RAW kini sudah mulai dibawa ke dalam Windows 10.

Another fixes?

Start Menu kini dipisah prosesnya. Biasanya, semua inti dari shell di Windows 10 (Taskbar, Desktop, Start, Action Center, dll.) tergabung dalam satu process yaitu ShellExperienceHost.exe. Kini, Start Menu dipisahkan prosesnya ke StartMenuExperienceHost.exe. Dampak performa yang dihasilkan pun cukup baik, karena kini Start Menu menjadi lebih responsif, dibandingkan dengan sebelumnya terutama saat ShellExperienceHost.exe hang (ini masih cukup sering terjadi).

Masih banyak fixes yang lain seperti Night Light yang sudah berfungsi kembali, perbaikan tampilan Light Theme (okay saya sendiri tidak pakai ini karena saya lebih suka Dark Theme), Action Center sudah berfungsi layaknya semula, dan banyak hal-hal lain yang bisa dibaca di bagian Announcements di Feedback Hub.

Selamat menikmati dan menjadi Insider yang budiman! Sekian.

No comments:

Post a Comment

Jangan takut untuk menuliskan keluh kesah Anda disini :)
Uh, sebelumnya, mohon maaf saya sangat jarang membalas komentar... (tapi tetap saya baca!)