Monday 28 January 2019

#30HBC1928 Busy?

Introduction

Okay hari ini aku sepertinya sangat sibuk. Jauh lebih sibuk daripada hari-hari biasanya di Januari? Umm... gimana kalo aku cerita kehidupanku seharian penuh di tanggal 28 ini. Oh, ini ada ilustrasinya yang mungkin membantu:
Browsing harianku. Banyak referensi yang harus dibuka ketika coding.

Monday is your beginning.

Siklus mingguanku selama Januari sama saja seperti saat aku kuliah. Senin berangkat kereta "pertama", lalu ngekos sampai Jumat, dan pulang Jumat kereta "terakhir" atau Sabtu kereta pertama. Entah mengapa hari Senin bagiku adalah semangat tersendiri. Selama aku magang untuk mengerjakan proyek dosen di Fasilkom UI, hari Senin selalu menjadi hari kerja terpanjangku. Bisa sampai 10 - 12 jam kerja, dibandingkan hari-hari biasanya 7 atau 8 jam kerja.

Stasiun Serpong. Tumben keretanya terlambat buka pintu.

Not available for passengers. Hah?
Ya. Biasanya aku sampai di Stasiun Serpong jam 04.30, dan adzan Subuh di Jabodetabek pada bulan Januari memang setiap hari mundur sekitar 1 - 2 menit. Jadi, minggu lalu, adzan subuh masih 04.25, sekarang 04.33. Dan aku pun, sengaja berangkat dari rumah jam 04.05 agar bisa sholat subuh di Serpong. Tujuannya: kereta pagi jam 05.00 tidak akan terkejar jika sholat subuh di rumah dahulu. Namun anehnya, 04.45 setelah aku sholat, pintu kereta masih belum terbuka. Biasanya, dari 04.30 pun sudah terbuka.

Aku kira kereta ini bakal terlambat berangkatnya, ternyata 04.55 pintu kereta dibuka. Dan tetap berangkat seperti biasanya 04.59 (selalu lebih cepat 1 menit kok :))

XML! Reminds me about PPW.

XML. Kenapa gak pake JSON, mas?
Layar iklan yang biasanya menampilkan iklan yang itu-itu saja, bahkan sampai aku hafal... :D "Mari menabung saham", kini tampaknya rusak? Ada tampilan XML di sana. Merujuk ke suatu alamat yang ternyata aku tidak bisa akses pakai hape. Kukira ketika aku akses bakal muncul iklan-iklan ala KRL di hapeku, ternyata tidak.

Ah, kenapa tidak pake JSON saja... XML terlalu boros kuota kan? Kalau JSON formatnya dictionary bukan tag, gak redundant.

Keretanya lumayan ngebut.

Baru kali ini aku sampai di Fasilkom UI jam 6.45 pagi. Biasanya jam 7.15 baru sampai stasiun Pondok Cina, itupun harus jalan kaki lagi 7 menitan. Seperti biasa, ketika sampai Tanah Abang, aku naik kereta ke arah Angke dulu, karena memang belum ada kereta Bogor yang langsung datang. Lagipula, kalau menunggu di Tanah Abang keburu penuh dengan orang-orang dari Duri atau Tangerang.

"Mas saya boleh pinjem kunci 3309?"
"Kok pagi banget mas?"
"Iya, saya kalo hari Senin emang berangkat dari Serpong kereta jam 5 pagi."
"Oh dari Serpong ya, rajin juga..."
"Saya hari Senin doang kok yang begitu, hari-hari lainnya ngekos."

Selanjutnya, 12 jam kerja.

Dari jam 07.00 pagi sampai jam 20.30 malam, total 12 jam kerja setelah dipotong ishoma dan tidur di ruangan :) Dan setelah itu, ternyata ada pengumuman, presentasi hasil kerjanya 2 hari lagi, yaitu hari Rabu!

Whoops. Dari kemarin-kemarin aku ngapain aja? Bingung ganti-ganti arsitektur :) Bingung nyambungin Bash script dengan web interface. Ah, memang gila proyek ini. Unik sekali. DevOps and WebDev combined. Butuh banyak banget konsep fungsional dan multithreading. Juga harus memahami bagaimana cara deploy suatu network service dengan Docker atau tools-tools lain seperti docker-machine untuk deployment ke remote server.

Ah, temanku 2 orang itu juga mengakhiri masa magangnya terhitung hari Rabu setelah presentasi itu. Tersisa aku sendiri merapikan semuanya, demi suatu matkul bernama Kerja Praktik, yang syaratnya minimal 240 jam kerja, dan aku tidak bisa memenuhinya hanya dalam sebulan bekerja. Harus tembus hingga masa kuliah.

Banyak rintangan untuk belajar hal baru, namun jalani saja.

Ya. Magang saat ini memang magang yang benar-benar bisa buat aku belajar banyak hal baru, meskipun pengaturan waktu kerjanya per jam layaknya log asdos biasa, dan sifatnya yang project-based bukan fixed time (harus 8 jam hadir). Terkadang, sifat pekerjaannya yang fleksibel itu membuatku demotivated di beberapa waktu ketika aku tidak menemukan ide untuk menyelesaikan masalah tertentu. Tak apalah. Bagaimanapun, magang di fakultas sendiri jauh lebih baik daripada harus mengorbankan diri menempuh perjalanan jauh lagi ke tempat kerja semisal bekerja di korporat. Aku sudah terbiasa kuliah juga bukan? Kosanku sebegitu dekatnya dengan Fasilkom sehingga nyaman saja jika berangkat 10 menit sebelum jam kerja mulai, walau jalan kaki.

It's like, dari fakultas, untuk fakultas? :)
Ah, sudahlah, sekian saja ceritaku hari ini.
Besok aku akan review build baru Windows Insider. Aku belum sempat memasangnya hari ini, namun setelah ini laptopku akan langsung aku restart.

Sekian.

No comments:

Post a Comment

Jangan takut untuk menuliskan keluh kesah Anda disini :)
Uh, sebelumnya, mohon maaf saya sangat jarang membalas komentar... (tapi tetap saya baca!)