Wednesday 30 January 2019

#30HBC1930 Banyak Perpisahan

Perpisahan, menurut Google Translate.

Introduction

30 Januari. Angka 30 sendiri identik dengan akhir bulan untuk bulan-bulan tertentu, selain tanggal 31, 28, atau 29. Tentunya, dalam hari ini dan beberapa hari ke depan, aku juga mengalami hal yang sama. Perpisahan.

Oh iya, intermezzo. Sebenarnya aku mau judulnya bahasa Inggris tapi aku bingung. Lots of Discord(???) Oh jadi platform chat untuk gaming yang namanya Discord itu awalnya dari makna "perpisahan" atau "perselisihan" ya, hmm... Tapi, perpisahan yang aku maksud dalam post ini, bukan karena perselisihan, namun karena waktu.

Perpisahan pertama: Wisuda.

Uh, wisuda, dulu kalo jaman aku SD dan SMP orang sering menyebutnya dengan istilah "perpisahan". Ada benarnya. Perpisahan yang memisahkan setiap orang dari angkatannya, secara simbolis, untuk menjalani kembali hidupnya masing-masing. Ada yang mencari kerja, ada yang sekolah lagi, dan sebagainya.

Wisuda besok, tanggal 31, yang aku maksud adalah wisuda Fasilkom UI, untuk orang-orang angkatan 2015 (baca: Capung) yang berani untuk lulus 3,5 tahun (salah satunya mentor kelompok kecilku waktu PMB hehe), dan juga bagi angkatan-angkatan atasnya. Capung sendiri menjadi angkatan yang paling dekat dengan angkatanku, Omega (2016) karena selisihnya yang hanya setahun. Cukup banyak memori yang terbentuk bersama mereka, dan sebagian dari mereka pun harus berpisah dengan teman-teman seangkatannya untuk mengarungi kehidupan berikutnya lebih dahulu.

Perpisahan kedua: Besok hari terakhir magang untuk 2 orang partnerku.

Setelah ini, aku akan menjalani sisa magangku sendirian, hingga akhir Februari, yang berbarengan dengan hari-hari kegiatan perkuliahan biasa. Besok adalah hari presentasi tahap 1 untukku, yang menjadi presentasi pamungkas juga bagi mereka berdua. Waktu sebulan memang sangat singkat. Tidak cukup bahkan untuk memenuhi syarat matkul Kerja Praktik yang minimal 240 jam kerja, sehingga harus menambah waktu lagi.

At least, dari sebulan ini, kami bertiga mendapatkan banyak sekali pengalaman terkait web development dan DevOps (yang berkaitan dengan deployment). Dan ternyata, proyek yang kami jalankan cukup rumit. Berkali-kali ganti arsitektur. Berkali-kali ganti desain database. Berkali-kali belajar dari awal. Ah, kerja praktik satu ini memang benar-benar bisa membuat kami belajar.

Perpisahan ketiga: Akhir bulan!

Besok adalah hari terakhir di Januari. Tentunya juga menjadi pertanda bahwa liburan kuliah ini akan segera berakhir. Liburan semester ini, aku benar-benar mengisi penuh dengan magang, namun semester ini rasanya sudah cukup aku menimba ilmu melalui pekerjaan, untuk sementara waktu. Semester depan, aku akan lebih fokus ke hal-hal pribadi, dan, seperti pada #30HBC1901 atau #30HBC1917, aku ingin meluangkan waktu lebih untuk mengejar cita-cita masa kecilku :)

Di balik semua perpisahan, di balik semua kenangan.

Tentunya, perpisahan ini, bukan menjadi penutup bagi aku untuk tetap berinteraksi dengan orang-orang yang terkait dengan pembahasanku tadi. Bukan menjadi penghalang untuk bertemu kembali.

Mungkin, takdir menggariskan bahwa teman-teman Capung ku akan berperan besar dalam membantu aku dalam mencari pekerjaan ketika aku lulus nanti, atau bahkan bisa jadi senior developer yang membantu aku nantinya ketika bekerja :)

Dan, kedua temanku yang tadi juga tetap bisa ikut membantuku menyelesaikan proyek dalam masa magangku ini, kapanpun mereka mau, meskipun mereka sudah tidak terikat lagi dengan kesepakatan kerja. Bisa jadi jalan untukku juga dalam belajar hal-hal baru. Karena, kadang-kadang justru mereka, meskipun angkatan mereka lebih muda (Tarung, 2017), yang memberikan insight untukku dalam menyelesaikan proyek ini.

Dan, liburan akan selalu ada kok. Semester depan akan bertemu lagi. Dan semoga saja, langkah yang aku ambil nantinya akan jauh lebih memberikan manfaat bagi diriku.

Perpisahan, tak akan menghalangi orang-orang yang berpisah untuk berbuat baik. Itu semua kembali ke kita. Apakah kita akan mempertahankan rasa rindu itu? Rasa rindu untuk berbuat baik terhadap teman-teman lama? Semoga saja, perpisahan ini hanya berarti "kita tidak lagi sering bertemu", tapi kebaikannya tetap mengalir.

Ending.

Hari terakhir #30HariBercerita! Dalam jangka waktu 2 bulan ke depan (hingga hari ulang tahunku), aku akan membiarkan semua cerita yang menjadi rangkaian #30HBC ini tetap tersedia. Setelah itu, aku akan memilih beberapa saja yang available untuk publik, sisanya akan aku archive. Tenang saja, review-review tentang Windows Insiders SEMUANYA akan aku pertahankan. Ketika website pribadiku sudah selesai aku buat, aku akan membatasi viewers rangkaian #30HBC non-Windows Insider agar friends only. Sekian maklumat yang dapat aku berikan.

Sekian.

No comments:

Post a Comment

Jangan takut untuk menuliskan keluh kesah Anda disini :)
Uh, sebelumnya, mohon maaf saya sangat jarang membalas komentar... (tapi tetap saya baca!)