Wednesday 23 January 2019

#30HBC1923 Earth, is Complicated!

Introduction

Bumi adalah planet yang menjadi tempat yang ditakdirkan untuk kita sebagai manusia dalam menjalani kehidupan. Kita sebagai orang-orang yang hidup setelah tahun 2000 merasakan perkembangan pesat kehidupan manusia di Bumi. Bagaimana manusia bisa memonopoli kehidupan di dunia ini dan mencari peruntungannya masing-masing. Namun, dalam mencari peruntungan, sering kita lalai.

Mencari peruntungan di Bumi perlu perhitungan.

Sebagai umat manusia yang baik, kita seharusnya menjadi kebaikan tidak hanya bagi diri sendiri tapi juga bagi orang lain. Ku pernah terpikir apabila tiba-tiba Indonesia kehabisan cadangan minyak bumi. Oh, di National Geographic pernah ada tayangan Aftermath episode World Without Oil. Pada episode itu, aku belajar apa yang akan terjadi setelah cadangan bahan bakar fosil dunia habis, dan apa yang akan dilakukan manusia pada saat itu.

Chaos at first.

Masih terasa sedih membayangkannya meskipun menontonnya 4 tahun yang lalu. Satu per satu layanan masyarakat dihentikan, hingga 1 tahun pertama, kehidupan langsung kembali mendekati masa primitif. Mungkin tidak mudah bagi kita membayangkan apakah akan bertahan hidup di masa sulit seperti itu. Layanan kesehatan, listrik, transportasi, bahkan ketersediaan makanan pun terdampak. Memang pada saat ini pun, harga bahan bakar minyak yang melambung pun juga dapat menyebabkan segala komponen lain harganya naik, seperti bahan-bahan makanan pokok, dan hal-hal lain yang tentunya membutuhkan transportasi.

It ends peacefully after 40 years.

Setelah manusia menemukan solusi alternatif dan menggunakannya secara masif. Baik itu biofuel maupun electric automotive. Kemampuan manusia memang diuji pada 40 tahun masa tersulit dalam hidup, mulai dari pengangguran, tingkat kejahatan dan kematian yang tinggi, serta kekacauan struktur ekonomi dunia. Hey, sebenarnya kita tidak perlu harus menunggu cadangan bahan bakar tersebut habis kan?

There's a hope.

Ada beberapa cara. Yang paling mudah dilakukan, sadar untuk menggunakan transportasi umum sebagai moda utama dalam perjalanan. Ada baiknya untuk bersama-sama memperbaiki layanan transportasi umum. Masyarakat mau diajak untuk menggunakan transportasi umum, apabila pelayanannya sesuai dan nyaman untuk keseharian. Ini kembali lagi ke kesadaran pribadi juga, untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, dan menggunakan transportasi umum, lalu berjalan kaki.

Mungkin itu saja cerita "singkat" yang terburu-buru ini, mungkin bisa ditambahkan di lain waktu :) Never forget to care about our living place. Jangan sampai kehidupan kita di Bumi yang kompleks ini hancur seketika akibat kita kurang sadar dan berhemat. Mencari peruntungan di Bumi, sekali lagi, perlu perhitungan, agar tidak merugikan semua orang. Sekian.

No comments:

Post a Comment

Jangan takut untuk menuliskan keluh kesah Anda disini :)
Uh, sebelumnya, mohon maaf saya sangat jarang membalas komentar... (tapi tetap saya baca!)