Sunday 20 January 2019

#30HBC1920 Nostalgia Laptop

Introduction

My 14-years old laptop. Layarnya sudah "sedikit" rusak.
Untuk beberapa hari ke depan, ada kemungkinan laptopku mulai dibawa ke tempat servis. CPU fan-nya rusak. Mungkin ada benarnya, aku harus nostalgia dengan laptop lamaku. Laptop yang ayahku beli 14 tahun lalu. Dulu bawaannya DOS, namun pernah dipasang Windows XP. Menjadi ladang eksperimenku sejak 2008 hingga 2012, dan masih aku tengok sesekali hingga 2016.

Laptop ini telah berjasa.

Seperti yang pernah aku ceritakan di #30HBC1906 tentang pengalaman menjadi pengguna Windows versi prerelease, aku menggunakan laptop ini sebagai laptop utama hingga Windows 8 dirilis. Dulu, ketika SMP, aku membawa laptop ini untuk presentasi tugas-tugas kelompok. Masih teringat ketika dulu membawa laptop ini harus membawa tas merah besar yang sekarang sudah rusak dan entah kemana (mungkin dibuang?) Masih teringat juga dahulu laptop ini masih terasa tidak terlalu lamban, karena memang kebutuhanku tidak cukup banyak.

Setelah 2011, aku ingin punya laptop baru.

Terutama setelah aku mencoba Windows 8 edisi Consumer Preview. Laptop ini aku rasa sudah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan menyelesaikan tugas-tugasku di SMA, dengan asumsi aku masuk MAN Insan Cendekia Serpong (lihat #30HBC1912), dan laptop baru itu jadi hadiah jika aku diterima di sana. Ternyata tidak diterima, tapi tetap dapat YAY!

Hmm... setelah itu, aku jadi suka menggunakan laptop yang baru dan sedikit mengabaikan yang lama.Aku masih sering menggunakan laptop yang lama sih sebenarnya untuk Windows 10 Insider sampai aku kuliah, dan mengabaikan laptop ini di atas lemari kosanku selama satu tahun.

Ending

Setelah aku gunakan laptop ini sebagai alternatif untuk SIAK War, ternyata cukup stabil. Pentium 4, RAM 2 GB, Windows 10 Insider Preview build 18317. I'm pretty surprised. Meskipun agak terganggu dengan bulatan hitam besar di layar bagian atas :( tapi yasudahlah. Dan aku coba, cukup bagus ternyata untuk kebutuhan magangku selama seminggu ke depan, hingga laptopku yang biasanya kembali lagi dengan fan yang sudah berjalan dengan benar.

Sekian.

No comments:

Post a Comment

Jangan takut untuk menuliskan keluh kesah Anda disini :)
Uh, sebelumnya, mohon maaf saya sangat jarang membalas komentar... (tapi tetap saya baca!)