Thursday 17 January 2019

#30HBC1917 Dilema

Introduction

Hampir skip lagi yay! Saat ini menginap di rumah teman. Lots of distractions to make new story for this 30 day blogging stream :( Oh. Ada satu tema yang cukup menarik. Dilema!
Dilema adalah suatu hal yang wajar dialami manusia dalam hidupnya. Ada suatu saat, kita dihadapkan pada dua pilihan sulit, dan kita diharuskan memilih salah satunya, atau dalam beberapa kasus kita dapat menyeimbangkan kedua pilihan tersebut, namun dengan konsekuensi tersendiri.

What is the most recent dilemma I have so I can write this thing....

Di #30HBC1901 aku pernah menceritakan bahwa aku ingin melanjutkan cita-cita masa kecilku, mengikuti Imagine Cup dan "memenangkannya". Well. Kini, aku dihadapkan pada suatu dilema, yang terkait pada aturan di Imagine Cup itu sendiri. Apabila benar klausul pada peraturan yang ada mengharuskan aku untuk menjadi mahasiswa aktif hingga bulan Juni pada tahun aku mengikuti lomba (2020), berarti aku harus mengorbankan kelulusanku. Dahulu juga, aku punya plan untuk lulus 3,5 tahun sembari mengikuti Imagine Cup.

Apabila aku mengorbankan kelulusan demi Imagine Cup, aku tentu akan merasa berat hati terhadap orang tua dan harus berusaha membiayai semua kebutuhan finansialku sendiri. Namun, apabila aku mementingkan kelulusanku, impian masa kecilku tidak jadi terwujud.

What will I do to solve this?

Ada beberapa cara yang menurutku menarik untuk dibagikan di sini. Pertama, tanya orang-orang terdekat. Aku bertanya pada orang tua, dan teman-teman terdekatku. Mencari pendapat mayoritas dan signifikan terkait pilihan mana yang harus diambil, dan apa baik buruknya untukku. Karena, terkadang, orang-orang terdekat itulah yang tahu apa kelebihan dan kekurangan dari suatu pilihan untukku.
Kedua, bertanya ke stakeholder terkait. Dalam hal ini, melakukan konfirmasi akan kelebihan dan kekurangan suatu pilihan, serta memastikan bahwa peraturan yang terkait sesuai dengan ekspektasi pribadi. In this case, aku akan tanya panitia, apakah benar peraturannya mengharuskan aku untuk jadi mahasiswa aktif hingga rentang waktu tersebut selesai, atau boleh lulus di antara rentang waktu tersebut.
Ketiga, do some prayer. Orang sering rekomendasikan sholat istikharah (untuk orang muslim). Berdoalah, lalu tentukan pilihan. Allah melalui takdir-Nya akan memberikan petunjuk tanpa kita sadari saat kita menentukan pilihan. Dan, teruslah berdoa agar pilihan yang kita ambil merupakan pilihan yang nantinya berdampak paling baik. Allah Maha Tahu.

Sekian. Mungkin ada yang ingin sharing cara untuk mengatasi dilema yang efektif menurutmu?

No comments:

Post a Comment

Jangan takut untuk menuliskan keluh kesah Anda disini :)
Uh, sebelumnya, mohon maaf saya sangat jarang membalas komentar... (tapi tetap saya baca!)