Friday 11 January 2019

#30HBC1911 Kuliah itu Singkat

Introduction

Dunia itu sempit. Waktu itu singkat. Segala hal yang terkait dengan kehidupan dunia memang singkat. Begitu pun dengan perkuliahan. Ya, kuota SKS untuk lulus S1 di Universitas Indonesia adalah 144 SKS. Normalnya, ditempuh dalam 4 tahun. Terasa panjang ketika melihat sekilas namun terasa singkat ketika menjalani. So? Recently, I have those doubts so maybe I can share those, here.

Saya mahasiswa tua.

Ya, aku menyadari itu. Sudah 2,5 tahun menjalani kehidupan penuh perjuangan di Fasilkom UI. Terkadang, aku merasa waktu 4 tahun itu sangat lama. Namun juga terkadang aku merasa itu berlalu sangat cepat. "Duh ini semester kapan kelarnya sih, tugas gak ada henti-hentinya!" Namun beberapa saat kemudian, "hmmm udah semester 5 aja... dikit lagi lulus..."

Dan semakin hari, aku pun juga semakin memikirkan banyak hal: kerja praktik, rencana ambil skripsi atau tidak, jumlah SKS yang tersisa, matkul peminatan apa yang diambil, dan nanti kalo lulus mau ngapain (kerja, jadi dosen, diriin startup?)

Terkait jumlah SKS, "kok aku ngerasa ada yang aku minat tapi aku keburu lulus"

Dari 144 SKS itu, di Ilmu Komputer, jatah untuk peminatan sejatinya adalah 21 SKS minat Ilmu Komputer + 7 SKS minat bebas. Aku masih punya keinginan untuk belajar banyak hal.... Pemrograman Paralel? Sistem Terdistribusi? Kriptografi? Web Services? uh all those interesting topics that unfortunately I can't learn them all. Semester 6, ada PPL, gak berani ambil banyak-banyak. Semester 7, umm... for the sake of economical dependency, I prefer to make that semester as my last semester (baca: ingin lulus lebih cepat :))

So far, aku baru belajar Embedded System, Pemrograman Fungsional, dan Game Development. Baru tiga topik yang aku minat dari sekian banyak, namun SKS tersisa sedikit lagi, masih kurang :( Dan pada akhirnya aku beranggapan bahwa pendidikan formal memang tidak mungkin mengakomodasi sepenuhnya minat pelajar. Ya. Tetap saja ada beberapa matkul wajib yang aku merasa tidak perlu. Tidak jauh berbeda dari SMA, kan? Dulunya mengeluh kenapa harus ada Biologi padahal minatnya Ilmu Komputer, dan sekarang mengeluh kenapa harus ada Anum padahal inginnya jadi backend software engineer atau system/ security engineer. Waktu yang disediakan sangat pendek, but you can learn things you like, with your own way!

Enjoy your time. Do great things!

Dalam 144 SKS itu juga aku belajar apa yang aku minati tidak hanya melalui mata kuliah yang telah disediakan. Go attend some competitions! Cari kelompok belajar! Hmm... sangat banyak hal-hal luar biasa yang dapat diraih di sela-sela memenuhi 144 SKS, meskipun terkadang bisa membuat diri kelelahan :") Proyekan + Kepanitiaan + Asdos + Lomba + Kuliah, trus liburannya magang, hmm.. tampak sangat hectic, but somehow it's true. Bahkan sampai sekarang aku masih gak paham bagaimana caranya aku bisa melalui semua itu, dan ada hikmahnya: pengalaman, cerita-cerita seru, dan mempelajari hal-hal baru.

Walaupun kelelahan, tetap nikmatilah dan banyak-banyak bersyukur. Oh iya, tetap jaga diri. Self-reminder sih ini. Setidaknya, selama kuliah aku jadi paham bagaimana caranya hidup mandiri, dan mengatur waktu yang dimiliki diriku sendiri, untuk menjalankan life goals pribadi, maupun bersama orang-orang :)

Tetap semangat, mahasiswa tua dan muda! Semoga perjuangan kalian dalam melakukan hal-hal luar biasa memberikan dampak yang luar biasa juga bagi kehidupan kalian dan lingkungan kalian. You should be proud with yourself, who can be a great version of you. <3

1 comment:

Jangan takut untuk menuliskan keluh kesah Anda disini :)
Uh, sebelumnya, mohon maaf saya sangat jarang membalas komentar... (tapi tetap saya baca!)