Monday 7 January 2019

#30HBC1907 Kesan menjadi pengguna Windows Prerelease: part 2

Introduction

Ini part 2. Ketika Microsoft sudah berani mengubah pikirannya dari selfish company menjadi jauh lebih terbuka. Windows 10 bisa dikatakan versi terakhir dari Windows, dari segi nama. Namun, Windows, saat ini menjadi semakin sering diperbaharui, meskipun namanya sama-sama Windows 10. This is it, Windows as a Service! The best Windows ever, buah perhatian terhadap konsumen.

Okay langsung saja.

Windows 10 Technical Preview, source: news.softpedia.com

Windows 10 Threshold 1 (1507, RTM) Insider Preview: WHOA! This is a great combination!

Pada saat itu rumor beredar bahwa Microsoft akan menggabungkan aspek terbaik dari Windows 7, dan aspek terbaik dari Windows 8. Yeah, unlike many people, I still fall in love with Windows 8.1, of course with my touchscreen laptop. Namun, setelah rilis Windows 10 Technical Preview yang pertama. Whoa.

First impression? Told ya already. WHOA. The best of Windows 8.1, Modern UI, with the compactness of Windows 7's Start Menu. Windows 10 Technical Preview merupakan langkah awal Microsoft untuk menyesuaikan diri dengan keinginan pasar, terutama dengan membuka jalur feedback melalui aplikasi Feedback. Secara umum, tampilannya masih tidak jauh berbeda dengan Windows 8.1.

Features? Masih belum banyak berubah, aplikasi-aplikasi Modern UI yang dimiliki pun masih tidak berubah dibandingkan Windows 8.1. But but but, here's another thing. WINDOWED MODE! Ya, Modern apps menjadi lebih fluid dan adjustable untuk pengguna mouse maupun touchscreen dengan adanya Windowed mode. Meskipun, belum semua aplikasi mendukung ini pada awalnya. It's a good start! Selain itu, banyak fitur-fitur lain yang mendukung multitasking seperti virtual desktop. Microsoft Edge! My new favorite browser. Setelah menjadi RTM, saya mulai sangat jarang menggunakan Chrome (kecuali untuk membuka website-website Google).

Windows 10 Threshold 2 (1511, November Update) Insider Preview: hype menjadi Insiders yang budiman :)

Windows 10 November Update, source: WindowsCentral.com
RTM. FREE UPGRADE. GOTTA LOVE THAT. Meskipun sudah mulai bersiap-siap untuk SBMPTN, saya masih sering mengecek build terbaru dari Windows Insiders. Ya. Mulai dari Windows 10 RTM (1507), Microsoft melanjutkan tradisi feedback nya dengan membentuk program Windows Insiders.

First impression? Major update is a good step! Windows 10 masih jauh dari kata sempurna pada saat itu. Banyak perubahan pada Start menu, dan start menu versi ini, adalah salah satu versi Start menu terbaik di antara semua versi Start menu di Windows 10.

Features? Semakin baik respon Microsoft terhadap Insiders! I'm also the one who get my feedback responded. Perubahan yang cukup signifikan terjadi pada Settings app, kita bisa mengatur lebih banyak hal. Banyak performance improvements pada Microsoft Edge. Banyak fitur-fitur lain. 

Windows 10 Redstone 1 (1607, Anniversary Update) Insider Preview: new name, new hope!

Anniversary Update! Selamat ulang tahun pertama, Windows 10!
Windows 10 Anniversary Update, source: axiomtechnologies.com.au

First impression? Semakin yakin laptop ini bisa dipakai kuliah. Banyak fitur-fitur yang sangat membantu. Oh iya, dari tampilan dulu :) DARK MODE. I LOVE DARKNESS *evil grin* Ya. Dark mode menjadi tema tersendiri bagi Windows 10 di edisi ini. Tidak perlu lagi setup dark mode bikinan sendiri. Selain itu, Extensions for Edge! Langsung install adblock, dan beberapa tools web development. Oh, dahulu tidak selengkap Chrome. Tapi, 2 tahun berlalu hingga artikel ini ditulis, sudah banyak alternatif extension yang membantu tugas-tugas kuliah saya :)

Features? Dark Mode. Extensions for Edge. Windows Hello? Uh laptop saya tidak punya fingerprint scanner dan iris scanner so.... I can't use Windows Hello, unfortunately :") but it seems seamless in the video, isn't it? Action Center menjadi lebih berguna karena notifikasi dikelompokkan berdasarkan aplikasi, sehingga lebih rapi. Windows Defender improvements.

Ink Workspace

Windows 10 Redstone 2 (1703, Creators Update) Insider Preview: really great for users like me!

As it name describes, this is for creative people! Microsoft semakin menghargai keberadaan orang-orang yang bekerja di bidang seni, atau sekadar melampiaskan emosi di dalam coret-coretan. Also, they appreciate touch users too!

First impression? Ink workspace? Ya. Saya banyak menggunakan ini, meskipun saya tidak memiliki pen bawaan untuk laptop saya. Sebenarnya idenya sederhana, mengumpulkan beberapa aksesoris yang menjadi favorit di Windows 7, menjadi satu dengan sajian yang lebih touch-friendly. Oh iya, sketchpad ada penggarisnya loh.

Features? Paint 3D! Agak jarang digunakan sih, tapi dulu saya iseng membuat model kereta yang dihias dengan foto-foto masa lalu di Paint 3D. Ada support untuk 3D printer juga uh, tapi saya bukan anak Teknik yang membutuhkan 3D printing. Game Mode, untuk yang doyan bermain game. Saya menggunakan Game Mode juga terkadang ketika ingin meningkatkan performance aplikasi tertentu. Oh iya, EPUB reader. Finally. Gotta uninstall third party EPUB readers, and use Edge instead!

Windows 10 Redstone 3 (1709, Fall Creators Update) Insider Preview: more like minor update?

Uh, yang satu ini, saya mulai tidak mengikuti secara keseluruhan jalannya Windows Insider, bahkan sempat mengabaikan laptop lama yang digunakan untuk Windows Insider dan fokus kuliah. Missed out too many things, missed out too many Bug Bash :"(

First impression? Ini cuma saya yang skip atau bagaimana ya? I don't really know much about the development of this version, sehingga tampaknya kurang menarik. But let's see from reliable sources. I still read them sometimes.

Features? Task Manager have a new GPU graph. Useless for me, I use Intel HD Graphics, hehe. But one thing is very useful, OneDrive Files on Demand is coming! Yeah. Meskipun masih sering buggy, tapi cukup membantu untuk menghemat space dari harddisk dengan "membuang" file-file yang tidak perlu dari komputer sehingga bersifat "Online Only". OH BLUR EFFECTS! Welcome back, modern Aero thing! Oh iya, Start menu juga mengalami perubahan, sehingga seperti yang ada saat ini. Simplified.

Windows 10 Redstone 4 (1803, April 2018 Update) Insider Preview: sibuk kuliah, banyak skipnya

Wah, semakin sering skip. Almost missed out all the Insider builds.

First impression and experience? Yah, sayang sekali saya tidak banyak merasakan Insider builds pada masa ini. Tahun 2018 ada tahun tersibuk bagi saya :)

Features? Again, let's see from reliable sources. Timeline. I don't use this, for the sake of my privacy. I don't want to share my usage history to my mom's device :) Fitur lain adalah... Microsoft Edge saved tabs! Ya, ini cukup berguna ketika RAM saya hampir penuh dan saya ingin menyimpan semua tab yang saya buka sehingga nanti bisa dibuka lagi di lain waktu. Sebelumnya, saya melakukan pin satu-satu ke Favorites, lalu ketika saya membutuhkan lagi saya unpin. Great improvement, indeed! Satu lagi, Game Bar! Saya tidak perlu lagi merekam menggunakan third-party app. Cukup tekan Windows + G dan record! Easy hacks for documentation tasks.

Windows 10 Redstone 5 (1809, October 2018 Update) Insider Preview: tampaknya seru, tapi masih sibuk kuliah

Pada akhirnya, saya menggunakan laptopku yang touchscreen ini sebagai Windows Insider Fast Ring. Alasannya adalah, Windows Insider di laptop lama sudah terlalu lama diabaikan hingga sudah memasuki masa kadaluwarsa :(

First impression and experience? Best achievement in terms of feedback? Pernah melakukan feedback sekali namun diupvote oleh 1500 orang :) Namun, saya jarang review fitur-fitur baru. Saya cukup install dan merasakannya sendiri. Sempat ada fitur yang namanya Sets! Itu sangat berguna, tapi sayangnya masih sangat buggy. Dan sayangnya juga, fitur itu masih belum dikembalikan ke public release, hingga sekarang :( Little bit disappointing, but just let it go then come back better!

Features? Windows Update yang lebih easy to control dan adaptive. I like that. Windows Update is no longer disturbing my day. Selain itu, Notepad support Linux new line! Uh sangat berguna untuk saya yang sedang bekerja bolak balik Windows - Linux pada saat itu (hingga sekarang). New Game Bar, lebih lengkap, lebih banyak hal yang bisa dikontrol. Terakhir, Dark Mode untuk Windows Explorer! Akhirnya Windows 10 yang saya miliki jadi konsisten berwarna gelap. I LOVE DARKNESS!! :))

Windows 10 19H1 (1903) Insider Preview: sibuk kuliah, tapi lompat ke Skip Ahead, dan reaktivasi blog

Terakhir. Oke ini masih berjalan. The nice thing from this Windows Insider version is.... saya berhasil mendapatkan tempat untuk Skip Ahead :) Selain itu, karena blog ini mulai diaktifkan kembali, semoga saya bisa semakin sering review setiap build dari Windows Insider dan kembali jadi Insider yang budiman. Meskipun saya belum notice banyak fitur baru dari Windows Insider Preview pada masa ini.

Penutup

So... langsung saja, apa pengalaman dan kesulitan yang dialami saat menjadi Windows Insiders? Ada pengalaman yang perlu diceritakan? Silahkan komentar, fellow Insiders! Have a nice day!

No comments:

Post a Comment

Jangan takut untuk menuliskan keluh kesah Anda disini :)
Uh, sebelumnya, mohon maaf saya sangat jarang membalas komentar... (tapi tetap saya baca!)