Friday 4 January 2019

#30HBC1904 Windows Insider build 18309

Introduction

Anda bosan dengan cerita-cerita flashback yang gajelas dan so-so 3 hari kemarin? Yeah, sekarang saatnya saya membawa hal yang baru (well... tidak baru juga...)
"My blog has found its old soul back!" Ya, Anda tidak salah dengar. Baru beberapa jam yang lalu dirilis Windows Insider build pertama di 2019, untuk pengguna Windows Insider Fast Ring, yaitu.... build 18309!

Before continuing... Backstories!
Jadi ceritanya tadi adalah hari ketiga magang saya di fakultas saya sendiri, hehe. Ada hal penting yang ternyata tidak bisa dibuka dengan hotspot fakultas, tapi bisa dibuka dengan koneksi lain, dan akhirnya saya menggunakan internet kuota handphone saya. Sayangnya, saya lupa menyalakan "Metered Connection" di pengaturan Internet saya. Jadi, Windows saya ternyata secara otomatis mengunduh build 18309, dan kuota saya terbakar 3 GB :(
But when you found a bad news, you will also find a good news!

What's New

DISCLAIMER: What's New pada artikel ini akan mengulas daftar What's New yang dirilis Microsoft di aplikasi Feedback Hub pada Windows Insider build yang telah saya pasang.

UH. Only fixes. Ya. Tidak ada fitur baru. And so far cukup stabil digunakan sih, tidak sesering 18305 crash-nya.
Mungkin post berikutnya saya akan review kembali fitur-fitur baru pada build sebelumnya (18298 dan 18305) karena lumayan banyak fitur baru yang menarik yang dirilis pada dua build tersebut.

Tampilan depan Windows Insider build 18309
Satu lagi, saya cukup kecewa dengan Action Center. Tombol-tombol shortcut untuk pengaturan hilang semua :( (note: Microsoft mengakui itu dalam Known Issues yang dirilis, jadi tunggu saja build berikutnya)

Sedikit review dari saya: it's skippable.

Kebanyakan fixes terletak di Windows Sandbox, yang sayangnya... tidak bisa saya coba karena lisensi Windows 10 yang saya miliki adalah Home Single Language, sedangkan Windows Sandbox hanya untuk versi Pro, Education, dan Enterprise.
Untuk pengguna Windows yang bukan edisi Home, bersyukurlah! Dan langsung coba Windows Sandbox! Saya melihat video-video terkait Windows Sandbox dan itu cukup berguna terutama untuk tugas-tugas saya, yang butuh disposable virtual machines :)

Finally, selamat bereksperimen dengan Windows Insider, demi Windows 10 19H1 Update yang lebih berfaedah!
Sekian.

No comments:

Post a Comment

Jangan takut untuk menuliskan keluh kesah Anda disini :)
Uh, sebelumnya, mohon maaf saya sangat jarang membalas komentar... (tapi tetap saya baca!)