Saturday 2 December 2017

Ulasan 01: Why Systemd

Pernahkah kalian mengetahui apa yang dilakukan komputer kalian ketika kamu menekan tombol Power untuk menyalakan komputer kalian? Mekanisme booting adalah sekumpulan operasi yang dilakukan komputer mulai dari pengecekan hardware hingga berjalannya sistem operasi dan aplikasi setelah komputer dinyalakan. Video berdurasi 8 menit 15 detik buatan BeginLinux Guru yang berjudul "Why Systemd?" (link: http://youtu.be/KftuGM_ylKg) membahas tentang Systemd yang berperan penting dalam proses booting Linux, beserta alasan mengapa Linux terbaru menggunakan Systemd dibanding SysV untuk proses booting.

Systemd adalah init system pengganti SysVInit dan upstart untuk Linux. Beberapa kelebihan yang dimiliki Systemd adalah:
  1. Waktu booting yang cepat, karena semua daemon yang perlu dijalankan, dimulai secara paralel.
  2. Konfigurasi pada Systemd tidak terpusat pada satu berkas konfigurasi, namun setiap daemon memiliki satu berkas konfigurasi yang spesifik.
  3. Keamanan pada saat booting juga lebih terjamin, karena proses Auditd untuk auditing tidak dapat diberhentikan oleh akun apapun, termasuk root.
  4. Setiap proses berjalan pada Cgroup yang berbeda-beda, sehingga resource controlling dan process separation dapat dilakukan dengan lebih mudah.
  5. Administrasi pada Systemd bersifat konsisten, command yang digunakan sama, meskipun distro Linux yang digunakan berbeda.
Namun, masih ada beberapa distro Linux untuk personal computer yang tidak menggunakan Systemd, yaitu Slackware, Gentoo, dan Antix. Adapun untuk server, semua distro sudah menggunakan Systemd.

Secara umum, penjelasan yang telah diberikan pembuat video (BeginLinux Guru) tentang kelebihan Systemd sudah baik dan cukup jelas. Namun, video ini dirasa masih kurang karena belum banyak mengulas apa efek samping ketika menggunakan SysVInit dibandingkan dengan Systemd. Sekian ulasan dari saya, semoga bisa bermanfaat untuk para pembaca.


Github Account: ichlaffterlalu
URL Ulasan: http://ichlasulaffan.blogspot.com/2017/12/ulasan-01-why-systemd.html
URL Video: http://youtu.be/KftuGM_ylKg (durasi 8 menit 15 detik)
Video Author: BeginLinux Guru
Pemetaan: week03 (Booting)
Revisi Pertama: 2 Desember 2017
Revisi Terakhir: 2 Desember 2017

No comments:

Post a Comment

Jangan takut untuk menuliskan keluh kesah Anda disini :)
Uh, sebelumnya, mohon maaf saya sangat jarang membalas komentar... (tapi tetap saya baca!)